Friday, January 18, 2019

Digital Economy / Ekonomi Digital

Digital Economy / Ekonomi Digital

Apa itu Ekonomi Digital? Ketika membahas tentang ekonomi digital pasti tidak jauh dari beberapa hal berikut :
  1. Proses digital yang bersangkutan dengan transaksi
  2. Dampak yang terjadi karena digitalisasi yaitu
    a. Manfaat atau positif adanya digital economy, contohnya adalah dengan menggunakan ekonomi digital maka keuntungan yang dihasilkan akan semakin meningkat sesuai dengan strategi yang digunakan.
    b. Ekses/residen atau negatif adanya digital economy, contohnya adalah pada suatu tempat tertentu fasilitas tidak memadai untuk ekonomi digital dan itu akan membuat penurunan penghasilan dalam perekonomian ditempat tersebut.

Ketika melakukan ekonomi digital ada beberapa hal yang sulit untuk dilakukan dalam mewujudkan digital economy tersebut, antara lain :

  1. Fasilitas yang tidak memadai
  2. Ketidaktahuan tentang cara penggunaan
  3. Kenyamanan berdasarkan kebiasaan dengan menggunakan media tradisional, contoh kasusnya adalah seorang petani sudah mempunyai fasilitas untuk melakukan digital economy, namun karena lebih nyaman dengan kebiasaannya maka petani tersebut tidak menggunakan digital economy, hal ini berkaitan dengan kondisi psikologis dari para petani yang mayoritas tidak begitu paham dengan adanya teknologi dan menutup diri dengan hal tersebut.

Beberapa hal yang ada dalam digital economy yaitu :

  1. Persaingan, jelas sekali dalam ekonomi digital persaingan akan terus bertambah berdasarkan dengan kemudahan dalam penggunakan digital economy tersebut
  2. Teknologi, dengan menggunakan media sosial dapat menunjang tingginya popularitas seperti kepercayaan atas jasa yang diberikan.
  3. Budaya
  4. Sumber Daya Manusia dalam hal ini manajemen
  5. Regulasi atau birokrasi dari suatu sistem

Berikut adalah ciri-ciri ekonomi digital beserta penjelasan singkat :

  1. Disintermediation, yaitu tidak adanya perantara, namun sekarang berubah menjadi reintermediarible yaitu adanya perantara seperti market place, jasa antar, dan lain sebagainya
  2. Molekulisasi, yaitu perubahan pada struktur atau birokrasi yang digunakan
  3. Berbagi no language
  4. Prosumption, yaitu seseorang yang berada pada posisi produsen sekaligus konsumen juga
  5. Discordance, yaitu dampak negatif dari ekonomi digital
  6. dan masih banyak lagi

Kesimpulan :

Jadi Pengertian Ekonomi Digital adalah aktivitas atau kegiatan ekonomi yang lebih menitikberatkan pada sarana digital dan mempunyai dampak pada perekonomian yang harapannya bisa meningkatkan keuntungan bagi yang melakukannya.

Digital Economy Rankings 2016 GCI (Global Connectivity Index)

Digital Economy

sumber: https://www.susantokun.com/definisi-digital-economy-ekonomi-digital-indonesia/

No comments:

Post a Comment

Map Security needs to DevSecOps tools in SDLC.

  Map Security needs to DevSecOps tools in SDLC. Implementing DevSecOps effectively into the SDLC involves adopting the right tools, adaptin...